bg-mask-group
Case Study

Posted Date

Aug 25, 2022

Case Study

Main Mobile Game Hingga 10 Jam Demi Healing?

Main Mobile Game Hingga 10 Jam Demi Healing?

Bermain menjadi agenda menyenangkan yang selalu ditunggu sejak masa kecil, terutama saat pulang sekolah. Namun, lapangan yang dulunya ramai itu kini kian kosong, tanpa suara teriakan dari serunya para pemain. Kini, aktivitas “bermain” lebih identik dengan kepala yang tertunduk sambil memainkan jemari diatas layar gawai, permainan itu telah berubah menjadi permainan digital yang dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja menggunakan gawai. Atau yang biasa disebut mobile game.

Kemudahan dalam mengakses game ini menciptakan adiksi baru bagi para penggemarnya. Berdasarkan data riset tSurvey, gamers Indonesia bisa menghabiskan waktu hingga 10 jam dalam seminggu untuk bermain game. 15% dari mereka bahkan bermain lebih dari 25 jam per minggu.

Gamers di Indonesia Kebanyakan Bermain Game 1-10 Jam Dalam Seminggu

Studi yang melibatkan 2.000 responden yang berumur kurang dari 35 tahun dan berlokasi di kota Tier 1 dan kota Tier 2 ini menunjukkan bahwa sebanyak 77% responden bermain mobile game untuk bersantai, rekreasi dan melepas lelah, diikuti dengan alasan lainnya seperti suka berkompetisi, membangun koneksi sosial dan memiliki keinginan menjadi pro player. Namun ternyata, tak hanya sebagai sarana hiburan, mobile game telah menjadi ajang bersosialisasi. Teman baru bahkan pasangan dapat dengan mudah ditemukan melalui mobile game.

Game MOBA paling diminati para gamers dari generasi X hingga generasi Z

Mobile game memiliki banyak genre yang berbeda. Genre yang paling diminati oleh gamers Indonesia adalah MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti Mobile Legends Bang Bang, Arena of Valor, League of Legends (65%), Battle Royale seperti Fortnite, PUBG, Free Fire (31%) dan Action/ Adventure seperti Roblox, Genshin Impact, Grand Theft Auto (16%).

Mulai dari Gen Z, Millennial hingga Gen X kompak untuk memilih genre MOBA sebagai genre favorit, diikuti dengan genre Battle Royale. Namun, perbedaan terlihat di posisi ketiga. Gen Z lebih menyukai game jenis action/ adventure, sedangkan Millenial dan Gen X lebih menyukai board game seperti Higgs Domino Island, Ludo King dan Chess. Namun, PES 2021 dan Free Fire bersama dengan Mobile Legends menjadi game yang paling sering dimainkan, dengan persentase waktu bermain lebih dari 25 jam per-minggu.

Game Paling Favorit di Indonesia

Hampir 80% gamers Indonesia pernah melakukan top up

Mobile game memiliki banyak genre yang berbeda. Genre yang paling diminati oleh gamers Indonesia adalah MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti Mobile Legends Bang Bang, Arena of Valor, League of Legends (65%), Battle Royale seperti Fortnite, PUBG, Free Fire (31%) dan Action/ Adventure seperti Roblox, Genshin Impact, Grand Theft Auto (16%).

Dana Top Up Setiap Bulannya untuk pembelian di game mobile

Klik disini untuk mengunduh hasil studi lengkapnya untuk mengetahui lebih dalam tentang preferensi game para gamers, kebiasaan dan pengeluaran gamers dalam melakukan in app purchase, hingga pendapat mereka tentang maraknya game streaming.

Klik tombol subscribe agar tidak ketinggalan artikel menarik hasil studi dari tSurvey.id yang lainnya. Kunjungi pula tSurvey.id untuk mendapatkan solusi bagi kebutuhan riset Anda.

Posted Date

Aug 25, 2022